Chyntia, Ketua OSIS Sarat Prestasi

chyntia-ketua-osis-smpn3-smg-syarat-prestasi

Kampung Kali.Com. Pengurus OSIS dan MPK (Musyawarah Perwakilan Kelas) tahun 2014/2015 SMP 3 telah dilantik. Tongkat estafet kepemimpinan OSIS pun telah berada pada ketua baru, Chyntia Dewi Purnomo dari kelas 8 B.  Seperti apa sosoknya? Apa motivasinya menjadi ketua OSIS? Apa visi dan misinya?  Berikut ini akan diuraikan untuk pembaca.

Chyntia lahir di Kudus, 13 Desember 2001. Gadis yang mahir berbahasa Inggris ini tinggal di Perum Bima Sakti III No. 4 Semarang bersama ayah bundanya, Bapak Rahardjo Purnomo dan Ibu Sattiwiningsih.

Belajar di SMP Negeri 3 Semarang membuat potensi dirinya berkembang. Prestasi akademiknya bagus, bakat kepemimpinannya juga terbentuk.  Oleh karena itu, ketika sekolah mengadakan seleksi pemilihan calon ketua OSIS, kesempatan emas ini tidak disia-siakan. Segala sesuatu yang  diperlukan untuk acara pemilihan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. “Saya ingin belajar dan mengasah jiwa kepemimpinan,” katanya.

Selain alasan tersebut, ada motivasi yang kuat untuk menjadi aktivis organisasi sekolahnya. Ia ingin belajar berorganisasi agar dapat memperoleh pengalaman. Di antaranya bagaimana mengelola waktu untuk belajar dan berorganisasi, membagi waktu untuk mengejar prestasi dan memajukan organisasi. Ia sadar betul bahwa pada saatnya nanti di lingkungan pekerjaan tidak mungkin bekerja sendiri, tetapi dibutuhkan sebuah tim kerja. ”Jika saya sudah terbiasa hidup berorganisasi dari kecil, maka dewasa nanti saya akan mudah beradaptasi dan melakukan suatu pekerjaan,”jelasnya.

Ketika ditanya visi dan misinya, dengan tangkas dia menjawab,”Visi saya ada empat, yaitu menjadikan OSIS sebagai organisasi yang berkualitas, menjadikan OSIS sebagai wadah aspirasi siswa, menjadikan siswa SMP 3 Semarang lebih kreatif, disiplin, berprestasi, dan berakhlak mulia, dan menjaga serta mengharumkan nama SMP 3 baik di daerah maupun di tingkat nasional. Adapun misi saya yaitu membuat program yang baik, aktif dalam kegiatan sosial, menampung saran untuk kebaikan OSIS, mengarahkan bakat siswa dengan kegiatan eskul yang sesuai, penyuluhan tentang moraldan perilaku, serta melanjutkan program OSIS terdahulu dan mengmbangkannya menjadi lebih baik.”

Untuk mewujudkan visi dan misinya, ketua OSIS yang baru saja meraih Juara I The Best Model Valentine 2014 dan Juara busana terbaik Pemilihan Putri Bunga Indonesia ke XXV 2013 ini menyusun sebuah program kerja. Selain melanjutkan program OSIS lama yang sudah berjalan, dia merancang program baru, yaitu penyelanggaraan bazar makanan dan minuman pada saat classmeet. Program lain, dia akan membuat wadah khusus untuk para supporter SMP 3 ketika ada ajang lomba yang diikuti Spega. Tujuannya agar para supporter memiliki wadah tertentu dan dapat diorganisir.

Itulah sekilas sosok ketua OSIS SMP 3 tahun 2014/2015. Semoga mandapat keberhasilan di dalam mengemban amanah sebagai ketua. Amin.

Leave a Reply